Senin, 06 April 2015

Tips Mengatasi Bayi Cegukan Sampai Tuntas

Tips Mengatasi Bayi Cegukan Sampai Tuntas



Bayi anda mengalami cegukan yang tak kunjung berhenti??? Jangan khawatir kami disini akan membahas bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi cegukan pada bayi sampai tuntas. Simak ulasan dibawah ini.

Cegukan merupakan kedutan yang berulang tanpa bisa dikontrol yang berasal dari bagian diafragma. 
Kontraksi yang terjadi ini membuat pita suara tertutup hingga memblok udara yang akan masuk ke paru-paru.
Cegukan tersebut dapat hilang dengan sendirinya dan umumnya bayi yang mengalami cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya cegukan pada anak bayi:

  • Otot-otot diafragma mengencang secara mendadak serta tidak terduga. Kontraksi otot diafragma yang tiba-tiba ini membuat udara tertarik dari mulut, sehingga suara cegukan pun terdengar.
  • Stress, bayi yang mengalami cegukan bisa jadi pertanda bahwa buah hati Anda sedang mengalami stress.
  • Cegukan biasanya terjadi saat orang melakukan dua hal secara bersamaan yaitu tertawa selagi makan atau minum.

Tips Mengatasi Bayi Cegukan Sampai Tuntas dengan cara yang mudah dan cepat:

1. Pijat Bagian Belakang

Bayi yang cegukan dapat dihentikan dengan menenangkannya. Menenangkan bayi bisa dengan menggosok-gosok punggung bayi dengan lembut hingga bayinya terasa lebih nyaman dan cegukan hilang.

2. Berhenti Makan Ketika Cegukan

Jika saat makan dan bayi cegukan, maka berhentilah untuk menyusui. Jika diteruskan maka bayi akan muntah, rewel dan frustasi. Biarkan sampai cegukan berhenti, lalu lanjutkan makannya.

3. Sendawa

Bersendawa dapat mengeluarkan udara berlebih atau gas pada perut bayi. Dan bersendawapun dapat menghilangkan kejang otot rilis di diafragma dan akhirnya dapat menghentikan cegukan pada bayi.

Dan mungkin anda seorang ibu bertanya-tanya apakah cegukan itu baik dan normalkah tidak? cegukan pada bayi terutama hingga bayi berumur usia 3 bulan itu terjadi memang sering cegukan (hiccups). Cegukan ini terjadi disebabkan matangnya fungsi saraf yang mengatur diafragma si kecil, yakni sekat antara rongga dada dan perut. Sejalan dengan bertambahnya usia, bayi akan semakin jarang mengalami cegukan.

Biasanya cegukan akan berhenti dengan sendirinya, diperkirakan antara 5-10 menit cegukan pada bayi akan sembuh sendiri. Jika cegukan bayi terus berlanjut hingga beberapa hari maka kini saatnya Anda membawa si buah hati untuk konsultasi ke dokter.

Semoga artikel kami dapat membantu pengetahuan anda dalam menjaga bayi anda dari segala macam penyakit J semoga bermanfaat !!!!




About the Author

Eneng Laila

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 komentar:

  1. saat cegukan memang sangat mengkhawatirkan bagi anak ..
    apa obat ini berkhasiat betul untuk mengatasi cegukan pada anak ?

    BalasHapus
  2. tentu saja bisa mbak
    obat herbal jelly gamat gold-g mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa menimblkan efek samping apapun, dan juga baik untuk membantu tumbuh kembang sikecil

    BalasHapus

 

Eneng Laila © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com