Minggu, 24 Mei 2015

Berbagai Pantangan Ibu Hamil Yang Wajib Dihindari

Berbagai Pantangan Ibu Hamil Yang Wajib Dihindari 

Berbagai Pantangan Ibu Hamil Yang Wajib Dihindari  - Memiliki bayi lahir sehat menjadi harapan setiap ibu hamil, barbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi anda. Bahkan banyak tradisi yang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan kehamilan, tradisi  yang bertujuan menjaga janin selama sembilan bulan sampai pada kelahirannya. Secara medis mungkin ada beberapa tradisi yang bisa diterima meskipun kebanyakan justru masih menjadi perkembangan penelitian medis untuk mengetahui hubungan antara tradisi yang berkembang dengan kehamilan. Pada masa kehamilan anda dituntut untuk memenuhi asupan nutrisi sebagai salah satu pendukung perkembangan janin selama kehamilan. Sebenarnya tidak hanya dari segi makanan saja yang harus diperhatikan ada hal lain yang harus diperhatikan seperti aktivitas, kondisi mental dan hal-hal lain yang bisa mempengaruhi kondisi kehamilan si ibu.

Berikut adalah pantangan untuk ibu hamil yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari :

1.  Makanan Mentah


Makanan mentah yang berasal dari hewan dan sayuran memiliki resiko tinggi memicu gangguan kesehatan. Makanan dari ikan mentah seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue yang masih mentah mengandung bakteri , virus , dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin anda. Apalagi jika diusia kandugan yang masih muda masih rentan terhadap keguguran. Sayuran mentah seperti kecambah mentah memiliki resiko bakteri yang lebih tinggi dibanding dengan sayuran lainnya. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan tersebut dengan memasak matang untuk menghindari resiko kesehatan.

2.  Ikan dengan Kandungan Merkuri


Umumnya ikan laut memang sangat bagus untuk kesehatan, termasuk kesehatan janin anda. Akan tetapi anda harus selektif karena jenis ikan yang mengandung merkuri tidak baik bagi janin anda. Ikan yang mengandung jenis merkuri tinggi adalah ikan mackerel, ikan todak, tilefish dikhawatirkan kandungan merkuri nya kan menggaggu perkembangan otak dan sistem saraf janin.

3.  Minuman Beralkohol


Minuman beralkohol akan menghambat asupan nutrisi bagi janin anda selain itu oksigen yang dibutuhkan janin akan tersendat. Alkohol berpengaruh pada kemampuan otak janin sehingga untuk anda yang mengkonsumsi alkohol ketika mengandung beresiko tinggi dalam beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk IQ dan gangguan fisik.

4.  Kafein


Banyak penelitian yang menghubungkan antara kafein dengan kehamilan. Pada keadaan normal tidak mengandung kafein memang tidak baik dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih setiap harinya begitu juga dengan kehamilan karena kandungan kafein yang terdapat di dalam secangkir kopi, minuman supleman akan mengakibatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah bahkan dalam kasus yang parah akan mengakibatkan kematian saat lahir.

5.  Kalori yang berlebih


Ketika anda sedang mengandung memang membutuhkan tambahan kalori akan tetapi dalam jumlah yang cukup dalam porsi yang tepat. Hal ini untuk menghindari masalah obesitas bagi anda yang sedang hamil. Ibu hamil yang mengalami obesitas sebelum dan karena kehamilan maka akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan tinggi atau terkena resiko diabetes. Akan tetapi bukan berarti anda dapat menurunkan berat badan pada masa kehamilan yang menghambat nutrisi untuk janin.

6.  Memakai baju ketat


Menggunakan baju hangat akan meningkatkan resiko apalagi di bagian perut yang akan mengganggu perkembangan janin. Bagi anda yang ingin modis banyak baju hamil yang dapat anda pilih yang harus anda ketahui adalah baju tersebut tidak memiliki karet dibagian perut. Hal ini dilakukan untuk kesehatan anda dan janin.

Itulah Berbagai Pantangan Ibu Hamil Yang Wajib Dihindari  semoga artikel kami bisa membantu anda dalam menjaga buah hati agar lahir ke dunia dengan sempurna.  Adapun larangan / mitos adat yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda.

Pamali / larangan ibu hamil adat jawa dan segala mitosnya :
  • Pantangan membunuh hewan, berlaku bagi suami dan ibu hamil, ucapkan do’a atau amit-amit saat memasak daging/ikan
  • Berdiri di depan pintu, mitosnya membuat proses pembukaan persalinan jadi lama
  • Ibu hamil dilarang keluar di malan hari, karena takutnya di ganggu roh/makhluk ghaib
  • Jangan menyumpal lubang, misal nutup saluran air/got, menutup botol. Menghindari anak tidak mempunyai lubang anus
  • Jangan membenci orang terlalu berlebihan, karena mitosnya membuat janin/bayi mirip orang yang di benci
  • Kemana-mana membawa gunting lipat, mitosnya dapat menangkal ghaib
  • Hidari mandi di malan hari atau setelah mgahrib, mitosnya agar air ketuban tidak banyak
  • Pamali membeli perlengkapan bayi sebelum umur kandungan 7 bulan
  • Jangan melilitkan handuk di kepala, mitosnya janin kelilit tali pusar
  • Jangan memindahkan posisi tempat tidur
Untuk menginginkan anak yang sempurna tentunya kita melakukan berbagai cara, namun anda juga harus memperhatikan semua hal yang anda lakukan itu. Terimakasih ... Semoga bermanfaat J



About the Author

Eneng Laila

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

 

Eneng Laila © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com