Rabu, 24 Juni 2015

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak | Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Apabila mata mengalami gangguan, maka hidup manusia juga ikut mengalami gangguan. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mata selagi masih anak-anak. Pada usia anak-anak hingga usia remaja, proses pemanjangan bola mata adalah normal dan merupakan salah satu proses alamiah. 


Pemanjangan sumbu nantinya akan menyebabkan media refraktif sulit untuk fokus pada berkas cahaya sehingga obyek pandang akan terfokus di depan retina. Sehingga semakin bertambahnya usia, maka kadar mata minus juga semakin bertambah. Oleh karena itu penting untk menjaga kesehatan mata pada anak sejak dini untuk meminimalisir semakin parahnya kelainan mata minus pada anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata anak:
  1. Atur jarak pandang saat membaca, menulis, menonton televisi dan bermain komputer
  2. Atur waktu bermain di depan televisi dan komputer, jangan terlalu lama
  3. Hindari menggosok mata dengan tangan, lebih baik dilakukan dengan tissue bersih
  4. Hindari menekan mata secara berlebihan apalagi terus –menerus. Terlalu sering menekan mata akan mengakibatkan mata menjadi silindris
  5. Hindari kontak dengan debu dan polusi
  6. Saat bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan bermotor, lindungi anak anda dengan kacamata UV. Selain untuk melindungi dari teriknya sinar ultra violet, juga untuk melindungi mata anak anda dari debu dan polusi yang dapat masuk ke mata
  7. Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A atau beta karoten seperti wortel, tomat, alpukat, labu kuning dan sebagainya. Beta karoten membantu tubuh melengkapi asupan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata
  8. Melakukan olahraga mata. Caranya adalah dengan memutar bola mata dalam hitungan 2 kali delapan secara bergantian arah. Cara ini mampu untuk membantu menyegarkan mata yang lelah. Ajarkan cara ini pada anak anda agar anak dapat melakukannya ketika dia merasa lelah pada mata
  9. Ajaklah untuk satu hari dalam satu minggu untuk mengistirahatkan mata dari aktivitas berat seperti menulis membaca terlalu lama, dan menonton televisi atau bermain komputer. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan mata anak agar mata anak terbebas dari radiasi layar televisi dan beban berat akibat terlalu sering memfokuskan mata ke pada satu titik obyek saja.
  10. Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung karotenoid yang berguna untuk menjaga kesehatan mata pada anak agar anak terhindar dari penyakit katarak dan kelainan mata lainnya. Sayuran yang mengandung karotenois antara lain bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya yang juga mengandung banyak zat besi.
Selain mengkonsumsi makan yang banyak mengandung Vitamin A, memelihara kesehatan mata dan mengkonsultasikan kesehatan mata ke dokter mata merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat. Itulah sedikit Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak agar mata selalu sehat hingga tua sekalipun.

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anak

Baca juga :





About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Eneng Laila © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com